06/11/09

Tips Memilih Antivirus

Antivirus terbaik semestinya cukup mudah digunakan bagi para pemula. Software antivirus mesti effektiv memindai/scanning dan mengidentifikasi serangan virus, begitu juga ketika membersihkan dan mengisolasi file-file yang terinfeksi. Memiliki laporan yg mudah dimengerti pada setiap scan. Tersedia banyak bantuan/help yg juga mudah dibaca dan dipelajari sehingga kita mengetahui aktivitas dan kapalbilitasnya dengan mudah. Berikut beberapa kriteria yg dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah software anti-virus

1. Mudah penggunaannya. Software anti virus yg baik harus mudah

digunakan, tanpa memandang kemahiran dan pengetahuan kita.

2. Effektiv ketika mengidentifikasi virus dan semacamnya. Produk

antivirus terbaik dapat mengenali data-data yang terinfeksi

dengan cepat melalui pemindaian secara real-time, mencari dan

menemukan virus pada banyak tempat, termasuk email, aplikasi

pesan instant, web browsing dan sebagainya.

3. Effektiv ketika membersihkan dan mengisolasi file-file yg

terinfeksi. Software anti virus yg terpercaya mampu membersihkan

dengan sempurna, menghapus atau mengkarantina file-file yg

terinfeksi - menghentikan penyebaran virus dalam harddisk atau

melalui jaringan.

4. Laporan Aktivitas. Anti virus yg baik segera memberikan

notifikasi dari virus-virus yg ditemukan melalui scanning real

time dan menyediakan hasil scanning/pemindaian yg mudah dibaca

beserta

data virus dan kerusakan yg ditimbulkannya
5. Fitur. Adanya fitu-fitur tambahan (plugin) menjadikan sebuah anti

virus semakin ampuh dalam memberikan perlindungan. Anti virus yg

tangguh selalu menawarkan bermacam tool, mulai dari pemindaian

real-time biasa hingga yg lebih canggih, pemindaian heuristik dan

pemblokiran script, anti virus semakin baik jika pilihan opsi

tungsi toolnya lebih banyak.

6. Instalasi dan setup yg mudah. Anti-virus semestinya mudah

diinstall dan digunakan hanya dnegan beberapa klik mouse saja.
7. Dokumentasi help/bantuan. Anti virus termutakhir biasanya banyak

help-nya, mencakup dukungan via email, chat online atau melalui

telepon. Juga mestinya ada dokumen-dokumen online, seperti

pengetahuan dasar dan FAQ atau daftar pertanyaan-pertanyan umum

seputar software tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar